Total Tayangan Halaman

Rabu, 22 Februari 2012

jika ada manfaatnya


PENGOLAH KATA
(Microsft Word)
Perangkat lunak pengolah kata (Word Processing) adalah perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk membuat tulisan di komputer.
Saat ini ada banyak perangkat lunak pengolah kata yang digunakan antara lain ; Corel Word Perfect, Lotus Word Pro, Notepad, WordPad, Microsoft Word, Page Marker, StarOffice Writer, Open Office Writer, AbyWord, Kword dll.
Title Bar : berfungsi untuk menampilkan nama dokumen yang sedang aktif di jendela Word. Nama dokumen tersebut sesuai dengan nama file dari dokumen tersebut.
Kontrol Jendela : kontrol jendela terdiri dari tiga tombol. Tanda minus untuk memperkecil tampilan jendela, tanda kotak untuk memperbesar jendela, tanda kali untuk menutup jendela.
Menu Bar merupakan tempat menu-menu yang memuat daftar perintah word. Perintah yang terdapat dalam salah satu menu akan ditampilkan apabila menu tersebut di klik.
Toolbar adalah komponen jendela yang memuat tombol perintah. Setiap tombol di toolbar dilengkapi dengan gambar yang memudahkan kita mengenali perintah yang dijalankan oleh perintah tersebut.
Kursor : pada saat jendela Word ditampilkan, kursor akan ditampilkan di halaman dokumen.
Task Pane merupakan jendela kecil yang terdapat pada aplikasi Office yang memuat daftar perintah yang biasa digunakan.
Scrool Bar berfungsi untuk menggeser halaman dokumen yang ditampilkan. Scrool bar horizontal dan Vertikal digunakan untuk menggeser halaman dokumen keatas atau ke bawah.
Status Bar berfungsi untuk menampilkan informasi berkenaan dengan dokumen yang sedang dikerjakan. Informasi yang di tampilkan oleh status bar, antara lain nomor halaman, bagian dokumen, halaman keberapa dari jumlah halaman yang ada dalam dokumen, jarak posisi kursor kebatas atas kertas, nomor baris, kolom posisi kursor dll.
(pelajari ttg : Page Number, Section Number, Number/Number, At, Lrec TRK, OVR dll)

Menu Wort
Microsoft Word ,mempunyai 9 menu, yaitu :
1.       Menu File
Memuat perintah-perintah yang berhubungan dengan pengaturan file-file dokumen. Perintah yang terdapat pada Menu File, al ; Open, New, Close, Print, Page Setup, Exit, dll
2.       Menu Edit
Perintah untuk melakukan pengeditan dokumen. Perintah yang terdapat pada Menu Edit, al; Unco, Copy, Paste, Find, Replace, dll
3.       Menu View
Perintah untuk mengatur apa saja yang ditampilkan di jendela Word dan juga mengatur bagai mana tampilan sebuah dokumen.
4.       Menu nsert
Perintah untuk menambahkan sesuatu kedalam dokumen. Beberapa hal yang dapat kita tambahkan, al; Page Number, Footnote, Picture, dsb.
5.       Menu Format
Perintah untuk mengatur format sebuah dokumen, perintahnya, al ; Font, Paragraph, Columns, dll
6.       Menu Tools
Perintah tool yang dimiliki oleh word. Perintah tersebut al, pengecekan spelling dan grammer, translate, pembuatan macro, dsb.
7.       Menu Table
Perintah yang digunakan pada saat kita bekerja dengan sebuah tabel.
8.       Menu Window
Perintah untuk mengatur tampilan jendela Microsoft Word, seperti, New Window, Arrange All, dan Split. Menu window juga memuat daftar file apa saja yang sedang di buka di Microsoft Word.
9.       Menu Help
Perintah untuk menampilkan bantuan.
SubMenu adalah menu tambahan yang terdapat pada sebuah menu. Bila di klik, sub menu tidak akan menjalankan sebuah perintah, melainkan menampilkan perintah-perintah yang terdapat di dalam submenu tersebut.
Menu Po-Up adalah menu yang muncul apabila kita mengklik kanan di tempat tertentu di dokument atau jendela word.
Toolbar merupakan tombol yang mewakili perintah-perintah yang terdapat pada menu.
Menampilkan toolbar
Memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar